New Normal Pariwisata

Pokdarwis Pantai Goa Cemara mulai percobaan pembukaan operasional kawasan dari 1 Juli 2020. Hal ini sesuai dengan edaran dari Dinas Pariwisata tentang Pranatan Anyar Plesiran Jogja, yang diantaranya tertuang dalam Panduan Adaptasi Baru Pariwisata DIY.

Kesiapan yang dilakukan Pantai Goa Cemara dalam menghadapi new normal pariwisata ini antara lain dengan peningkatan pemahaman kepada seluruh anggota pengelola obyek wisata Pantai Goa Cemara termasuk orang-orang yang terlibat didalamnya seperti pedagang, instansi pembantu dan lain-lain.

Secara fisik Pantai Goa Cemara juga menambah dan memodifikasi lokasi sehingga memungkinkan pengunjung untuk tetap berwisata dan melaksanakan protokol kesehatan. Membangun lebih dari 50 wastafel baik di area publik, area bisnis person, maupun wastafel portabel yang bisa disesuaikan letaknya.

Beberapa aturan kunjungan juga diperbaharui diantaranya adalah kewajiban memenuhi protokol kesehatan yakni memakai masker, menjaga jarak dan selalu mencuci tangan pada tempat yang sudah disediakan. Pembatasan kunjungan dilakukan pada area event, dengan hanya mengisi 50% peserta daripada kapasitas biasanya.