Teduh 24 Jam

Keteduhan Kawasan Wisata Pantai Goa Cemara tak lepas dari penghijauan pohon cemara udang atau casuarina equisetifolia yang diawali pada medium 1999. Diawali dengan percobaan berbagai macam jenis pohon, hingga menemukan yang paling bertahan untuk penanaman awal adalah jenis cemara udang.

Penghijauan tersebut bertujuan untuk membuat wind barrier di pesisir selatan. Wind barrier sendiri adalah penghalang alami untuk menyaring uap air garam yang bertujuan agar lahan gumuk di bentang pantai dapat dijadikan lahan pertanian untuk warga masyarakat.

Kemudian tahun 2003 dilaksanakan penanaman menyeluruh di kawasan pantai dengan lebih banyak melibatkan warga masyarakat, akhirnya wind barrier tercipta dari ribuan pohon cemara udang, dan dilanjutkan dengan pohon jenis lain ketika wind barrier sudah terbentuk. Akasia, ketapang dan banyak diantaranya komoditas pertanian.

Hal ini berlangsung hinga sekarang dengan pengelolaan penghijauan yang lebih modern dan terkoordinasi, sehingga kelangsungan hidup dari ribuan pohon di kawasan pesisir pantai terus terjaga hingga sekarang.