Area Kegiatan Luas

Kawasan Wisata Pantai Goa Cemara secara administratif meliputi bentang pantai yang dimiliki Dusun Patihan, Gadingsari, Sanden, Bantul, D I Yogyakarta. Di wilayah timur berbatasan dengan Pantai Pandansari, dan di wilayah barat berbatasan dengan Pantai Cangkring.

Bentang pantai dengan panjang kurang lebih 2 km secara geografis menguntungkan Pantai Goa Cemara, karena menjadi pantai terluas dalam satu wilayah administratif dusun yang ada di Jogja. Area wisata sendiri secara teori terhampar sampai wilayah persawahan dusun, namun terbagi menjadi beberapa blok atau zona berdasarkan fungsi lahan, meski kesemuanya tetap digunakan untuk tujuan kepariwisataan.

Zona wisata sendiri adalah pendukung dari penerapan zona konservasi penyu, dalam hal ini terfokus pada bentang pantai.

Adapun zona pendukung yang terpenting terbagi menjadi :

  1. Zona Konservasi Penyu, meliputi seluruh bentang pantai yang terhubung dengan zona konservasi di wilayah lain.
  2. Zona Konservasi Cemara, meliputi lahan penghijauan di pesisir selatan dalam wilayah dusun Patihan.
  3. Zona Pesisir.
  4. Zona Publik.
  5. Zona Bisnis, meliputi kapling dagang anggota Pokdarwis Pantai Goa Cemara.
  6. Zona Parkir
  7. Zona Pertanian, meliputi daerah penyangga yang terolah dan diakui hak guna oleh warga Patihan dan sekitarnya.

Zona tersebut terbagi menjadi beberapa menurut fungsinya, namun kesemuanya bisa dan sangat memungkinkan untuk digunakan untuk keperluan wisata, sepanjang tetap mendukung fungsi pokok zona.

Dengan luasan tersebut, Kawasan Wisata Pantai Goa Cemara dapat menampung ribuan bahkan puluhan ribu pengunjung dalam satu waktu, seperti ketika liburan panjang, event gathering, tahun baru, dan lain-lain.