Pantai Goa Cemara

Secara administratif Kawasan Wisata Pantai Goa Cemara masuk dalam wilayah dusun Patihan, desa  Gadingsari, kecamatan Sanden, kabupaten Bantul, propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Terletak di lintasan Jalur Pantai Selatan yang notabene akan digunakan untuk lintas Jawa, dapat diakses dengan mudah dari tiga arah daerah berbatasan. Dari timur via Jl Parangtritis lanjut JLS, dari arah Semarang melewati kota Jogja via Jl Bantul, ataupun dari Purworejo melewati JLS dan Jl Srandakan.
Peta topografis Kawasan Wisata Pantai Goa Cemara berada di bentang gumuk pasir tepat di tengah antara Muara Sungai Opak dan Sungai Progo. Termasuk pantai ekslusif karena memang pantai di bentangan gumuk pasir hanya satu-satunya di Asia dan tak lebih dari hitungan jari di seluruh dunia.

pantai goa cemara

Taman Penyu di pintu masuk parkiran Kawasan Wisata Pantai Goa Cemara

Pantai tropis berpasir ini pula yang menjadikan kawasan ini secara periodik menjadi tempat bertelurnya penyu hijau, salah satu daya tarik Kawasan Wisata Pantai Goa Cemara yang tidak dimiliki destinasi wisata lainnya. Diprakarsai kelompok tani nelayan Mino Raharjo, balai konservasi penyu didirikan untuk mendukung kelestarian populasi, sehingga penyu menjadi ikonik di Goa Cemara sampai saat ini. Bangunan balai konservasi di sebelah barat sekretariat Goa Cemara bertudung patung penyu yang sangat besar. Ditambah dengan Taman Penyu sebagai ikon utama Kawasan Wisata Pantai Goa Cemara yang berada di depan area parkir semakin menguatkan keistimewaan penyu hijau di mata warga Goa Cemara.
Pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan penyu hijau di Balai Konservasi serta bisa ikut berpartisipasi melepas tukik penyu hijau ke laut lepas jika musim tetas sudah tiba. Program edukasi langsung juga disediakan dengan pemandu dari teman-teman anggota konservasi penyu.

About the author

mm

Spotmaker